PDSI Universitas Mulia

Tutorial Kuliah Online Dengan Menggunakan Google Hangouts Meet

Bismillah,

Berdasarkan surat edaran rektor Universitas Mulia dan instruksi pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, dengan alasan tersebut universitas mulia mengambil langkah antisipasi wabah virus corona dengan melakukan kuliah online untuk mahasiswa.

Kami Biro PDSI mencoba melakukan manuver dengan membuat tutorial kuliah online untuk para dosen Universitas Mulia yang bertujuan dengan pertimbangan :

a. Untuk membuat keseragaman platform dalam melakukan kuliah online .

b. Dosen mudah dalam menyimpan bukti pelaporan/ dokumentasi mengajar sebab terintegrasi langsung dengan G-Suite/ G-Drive Email milik dosen ybs.

c. Mahasiswa dapat menonton kembali rekaman mata kuliah, apabila syarat terpenuhi.

Kami biro PDSI menyarankan Google Hangouts Meet, sebab platform ini cukup powerfull untuk kebutuhan Kuliah Online. Terlepas dari kekurangan platform yang belum kami ketahui. Berikut merupakan tutorial penggunaan Google Hangouts Meet.

1. Dosen Memiliki Email Universitas Mulia.

Pertama, Dosen diharapkan telah memiliki Email Universitas Mulia, apabila dosen belum memiliki email dapat menghubungi alfathir – admin di ruang biro PDSI di jam kerja 08.00 – 16.00.

2. Login Email Universitas Mulia.

Kedua, Dosen dapat melakukan login ke gmail.com

Setelah berhasil masuk, silahkan klik tombol pada No.1 dan No.2 untuk Google Calendar:

Gambar 1. Ingin menampilkan Google Calendar

3. Setting Jadwal Kuliah di Google Calendar

Setelah mengikuti instruksi no.2, maka akan menampilkan halaman google calendar seperti berikut.

Gambar 2. Tampilan Google Calendar

Setelah itu, dosen dapat mengatur mata kuliah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

a. Setting jadwal kuliah.

Dosen dapat mengklik backgorund putih pada tanggal yang diinginkan. Misal pada contoh kami memilih tanggal 17 Maret.

Gambar 3. Klik Kiri pada tanggal yang diinginkan

Kemudian Pilih Event dan Klik More option.

Gambar 4 Mengatur Jam Kuliah

b. Beri Nama Kelas

Dosen dapat memberikan nama kelas sesuai dengan jadwal dan mata kuliah. Sebagai contoh kami memberi nama kelas dengan nama UM-PBO-IF1G-MALAM

Gambar 5. Input Nama Kelas

c. setting jam mata kuliah

Dosen dapat melakukan mengatur jam mata kuliah dan repeat melakukannya setiap minggu. Sebagai contoh kami melakukan mengatur mata kuliah pada jam 08.00pm – 9.30pm dan repeat/ dilakukan setiap hari Selasa (Weekly on Tuesday)/ ulangi setiap minggu, serta memilih fitur menggunakan Hangouts Meet, kemudian tekan Save.

Catatan : AM = 00.00 pagi – 12.00 Siang, PM = 12.01 Siang – 23.59 Malam

Gambar 6. Mengatur Jadwal Mata Kuliah

d. Link Kelas Perkuliahan Online Untuk Mahasiswa

Link untuk perkuliahan online dapat dibagikan ke mahasiswa melalui classroom, sebagai contoh link google hangouts meet pada jadwal UM-PBO-IF1F-MALAM adalah meet.google/oee-tuuu-tca

Gambar 7. Link Kelas

Setelah berhasil mengatur jadwal kuliah. maka akan menampilkan seperti gambar berikut.

Gambar 8. Tampilan Jadwal yang telah dibuat

Selanjutnya dosen dapat membuat jadwal kuliah yang lainnya. sebagai contoh kami membuat jadwal mingguan seperti gambar berikut.

Gambar 9. Jadwal Kuliah Mingguan

Perlu diperhatikan ketika mengatur jadwal kuliah, pastikan memilih Weekly On … , agar jadwal akan diulangi setiap minggu. Contoh kami telah mengisi jadwal pada tanggal 15 maret – 21 maret pada gambar 8, maka jadwal pada minggu selanjutnya akan terulang contoh pada tanggal 22 maret – 28 maret.

Gambar 10. Jadwal Perkuliahan Setiap Minggu

4. Melakukan Perkuliahan dengan Google Hangouts Meets

Lakukan kuliah online https://meet.google.com/ sesuai dengan jadwal yang telah dibuat, maka jadwal akan muncul secara otomatis, dan dosen dapat memilih kelas sesuai dengan waktu dan jadwal. Sebagai contoh pada tanggal 17 Maret kami memiliki jadwal pada pukul 20.00 pm yaitu PBO di kelas IF1G pada Malam hari.

Gambar 11. Masuk ke Google Hangouts Meet

Klik Jadwal yang tersedia, dan masuk untuk perkuliahan Online.

Klik Allow untuk mengizinkan menampilkan video dan suara.

Gambar 12. Mengizinkan Audio
Gambar 13. Mengizinkan Video

Kemudian Tekan Gabung Sekarang Untuk masuk ke Perkuliahan Online

Gambar 14. Gabung Kelas Online

Setelah itu dosen dapat menunggu terlebih dahulu mahasiswa untuk masuk ke dalam perkuliahan online. Setelah mahasiswa telah masuk, maka langkah selanjutnya adalah menekan button Presentasikan Sekarang.

Gambar 15. Melakukan Presentasi

Setelah Menekan Tombol Presentasikan Sekarang. Maka Perkuliahan sudah dapat dimulai, tetapi sebelum itu dosen dapat melihat mahasiswa telah masuk dengan menekan tombol seperti gambar berikut.

Gambar 16. Melihat Jumlah Mahasiswa yang Masuk

Tekan ESC untuk hide jumlah orang di dalam kelas.

5. Melakukan Record / Perekaman Perkuliahan

Perekaman Perkuliahan dapat digunakan untuk pelaporan untuk dosen yang telah melakukan perkuliahan online. Dosen dapat melakukan perekaman dan rekaman akan otomatis tersimpan di G-Drive.

Gambar 17. Melakukan Perekaman

Setelah melakukan Record / Rekam Rapat, Dosen dapat melakukan perkuliahan Online, dan Layar dan di rekam.

Gambar 18. Melakukan Kuliah Online

Setelah Perkuliahan telah selesai, dosen dapat menutup kelas dan dapat menghentikan rekaman.

Gambar 19. Berhenti merekam

Rekaman akan secara otomatis tersimpan di G-Drive, dan Dosen akan mendapatkan Email mengenai Perkuliahan yang telah di rekam.

Gambar 20. Pesan Email Rekaman

Rekaman akan tersimpan di dalam G-Drive pada Folder Meet Recordings

Gambar 21 Rekaman Tersimpan di G Drive

Apabila Terdapatkan kendala mengenai tutorial dapat menghubungi administrator PDSI Rahmat Saudi Al Fathir di ruang PDSI Gedung White Campus Lantai 1.

Terima Kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *