Bismillah,
Berdasarkan surat edaran rektor Universitas Mulia dan instruksi pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, dengan alasan tersebut universitas mulia mengambil langkah antisipasi wabah virus corona dengan melakukan kuliah online untuk mahasiswa.
Kami Biro PDSI mencoba melakukan manuver dengan membuat tutorial kuliah online untuk para dosen Universitas Mulia yang bertujuan dengan pertimbangan :
a. Untuk membuat keseragaman platform dalam melakukan kuliah online .
b. Dosen mudah dalam menyimpan bukti pelaporan/ dokumentasi mengajar sebab terintegrasi langsung dengan G-Suite/ G-Drive Email milik dosen ybs.
c. Mahasiswa dapat menonton kembali rekaman mata kuliah, apabila syarat terpenuhi.
Kami biro PDSI menyarankan Google Hangouts Meet, sebab platform ini cukup powerfull untuk kebutuhan Kuliah Online. Terlepas dari kekurangan platform yang belum kami ketahui. Berikut merupakan tutorial penggunaan Google Hangouts Meet.
1. Dosen Memiliki Email Universitas Mulia.
Pertama, Dosen diharapkan telah memiliki Email Universitas Mulia, apabila dosen belum memiliki email dapat menghubungi alfathir – admin di ruang biro PDSI di jam kerja 08.00 – 16.00.
2. Login Email Universitas Mulia.
Kedua, Dosen dapat melakukan login ke gmail.com
Setelah berhasil masuk, silahkan klik tombol pada No.1 dan No.2 untuk Google Calendar:

3. Setting Jadwal Kuliah di Google Calendar
Setelah mengikuti instruksi no.2, maka akan menampilkan halaman google calendar seperti berikut.

Setelah itu, dosen dapat mengatur mata kuliah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
a. Setting jadwal kuliah.
Dosen dapat mengklik backgorund putih pada tanggal yang diinginkan. Misal pada contoh kami memilih tanggal 17 Maret.

Kemudian Pilih Event dan Klik More option.

b. Beri Nama Kelas
Dosen dapat memberikan nama kelas sesuai dengan jadwal dan mata kuliah. Sebagai contoh kami memberi nama kelas dengan nama UM-PBO-IF1G-MALAM

c. setting jam mata kuliah
Dosen dapat melakukan mengatur jam mata kuliah dan repeat melakukannya setiap minggu. Sebagai contoh kami melakukan mengatur mata kuliah pada jam 08.00pm – 9.30pm dan repeat/ dilakukan setiap hari Selasa (Weekly on Tuesday)/ ulangi setiap minggu, serta memilih fitur menggunakan Hangouts Meet, kemudian tekan Save.
Catatan : AM = 00.00 pagi – 12.00 Siang, PM = 12.01 Siang – 23.59 Malam

d. Link Kelas Perkuliahan Online Untuk Mahasiswa
Link untuk perkuliahan online dapat dibagikan ke mahasiswa melalui classroom, sebagai contoh link google hangouts meet pada jadwal UM-PBO-IF1F-MALAM adalah meet.google/oee-tuuu-tca

Setelah berhasil mengatur jadwal kuliah. maka akan menampilkan seperti gambar berikut.

Selanjutnya dosen dapat membuat jadwal kuliah yang lainnya. sebagai contoh kami membuat jadwal mingguan seperti gambar berikut.

Perlu diperhatikan ketika mengatur jadwal kuliah, pastikan memilih Weekly On … , agar jadwal akan diulangi setiap minggu. Contoh kami telah mengisi jadwal pada tanggal 15 maret – 21 maret pada gambar 8, maka jadwal pada minggu selanjutnya akan terulang contoh pada tanggal 22 maret – 28 maret.

4. Melakukan Perkuliahan dengan Google Hangouts Meets
Lakukan kuliah online https://meet.google.com/ sesuai dengan jadwal yang telah dibuat, maka jadwal akan muncul secara otomatis, dan dosen dapat memilih kelas sesuai dengan waktu dan jadwal. Sebagai contoh pada tanggal 17 Maret kami memiliki jadwal pada pukul 20.00 pm yaitu PBO di kelas IF1G pada Malam hari.

Klik Jadwal yang tersedia, dan masuk untuk perkuliahan Online.
Klik Allow untuk mengizinkan menampilkan video dan suara.


Kemudian Tekan Gabung Sekarang Untuk masuk ke Perkuliahan Online

Setelah itu dosen dapat menunggu terlebih dahulu mahasiswa untuk masuk ke dalam perkuliahan online. Setelah mahasiswa telah masuk, maka langkah selanjutnya adalah menekan button Presentasikan Sekarang.

Setelah Menekan Tombol Presentasikan Sekarang. Maka Perkuliahan sudah dapat dimulai, tetapi sebelum itu dosen dapat melihat mahasiswa telah masuk dengan menekan tombol seperti gambar berikut.


Tekan ESC untuk hide jumlah orang di dalam kelas.
5. Melakukan Record / Perekaman Perkuliahan
Perekaman Perkuliahan dapat digunakan untuk pelaporan untuk dosen yang telah melakukan perkuliahan online. Dosen dapat melakukan perekaman dan rekaman akan otomatis tersimpan di G-Drive.

Setelah melakukan Record / Rekam Rapat, Dosen dapat melakukan perkuliahan Online, dan Layar dan di rekam.

Setelah Perkuliahan telah selesai, dosen dapat menutup kelas dan dapat menghentikan rekaman.

Rekaman akan secara otomatis tersimpan di G-Drive, dan Dosen akan mendapatkan Email mengenai Perkuliahan yang telah di rekam.


Rekaman akan tersimpan di dalam G-Drive pada Folder Meet Recordings

Apabila Terdapatkan kendala mengenai tutorial dapat menghubungi administrator PDSI Rahmat Saudi Al Fathir di ruang PDSI Gedung White Campus Lantai 1.
Terima Kasih.